Minggu, 07 Juni 2015

Tugas Softskill (Teori tentang Penulisan Ilmah)


Ø  STRUKTUR TULISAN ILMIAH
Susunan struktur Tulisan Ilmiah adalah sebagai berikut :
1. Bagian Awal
2. Pendahuluan
3. Tinjauan Pustaka/ Landasan Teori.
4. Gambaran Umum Perusahaan 2 s/d 7
5. Analisa dan Hasil/ Perancangan dan Implementasi Bagian Pokok
6. Penutup (yang terdiri dari Simpulan dan Saran)
7. Daftar Pustaka
8. Bagian akhir

1. Bagian Awal
Bagian Awal, terdiri atas :
Ø  Halaman Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan Tulisan Ilmiah standar Universitas Gunadarma.
Ø  Lembar Pengesahan
Dituliskan Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tanda tangan
Pembimbing, Kasubag. PI, serta Ketua Jurusan, sesuai dengan jurusan masing-masing.
Ø  Abstrak dan Abstract
Berisi ringkasan dari tulisan. Maksimal 1 halaman saja, dalam bahasa Indonesia dan
bahasa Inggris.
Ø  Kata Pengantar
Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan
penelitian tulisan ilmiah yakni : Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Kasubag PI,
Pembimbing, Perusahaan, Keluarga, Rekan-rekan, dan lain-lain.
Ø  Daftar Isi (dibuat dalam 2 turunan penomoran, lihat di bagian belakang petunjuk ini).
Ø  Daftar Tabel
Ø  Daftar Gambar Bila ada
Ø  Daftar Lampiran

2. Pendahuluan
Pendahuluan menguraikan pokok persoalan, terdiri dari :
Ø  Latar Belakang
Menguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang
bersangkutan.
Ø  Batasan Masalah/ Ruang Lingkup
Memberikan batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji.
Ø  Tujuan
Menggambarkan hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban
terhadap masalah yang diteliti.
Ø  Metode Penelitian
Bagian metode penelitian menjelaskan secara rinci setiap kegiatan yang dilakukan untuk menjawab tujuan yang sudah diuraikan pada bab 1. Bagian ini juga menjelaskan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam penelitian (jika ada). Inti dari bagian ini adalah pembaca dapat melakukan ulang persis seperti peneliti lakukan berdasarkan uraian yang diberikan peneliti dalam bagian ini. Semua langkah-langkah yang dilakukan tidak boleh ada yang ditutupi, dan dijelaskan secara kronologis dan sistematis. Untuk penelitian ilmu komputer, bagian ini dapat diisi dengan uraian peralatan yang dibutuhkan, algoritma/ metode yang digunakan, prosedur implementasi (mengacu pada SDLC).
Contoh bagian Metode Penelitian yang dapat digunakan sebagai rujukan (tidakmutlak harus seperti ini, tergantung dari kebutuhan masing-masing):
Perangkat yang Dibutuhkan
Contoh:
Penelitian ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah satu (1) unit komputer pribadi lengkap dengan spesifikasi minimum........Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah......
Prosedur Pembuatan Aplikasi
Pada bagian ini dijelaskan prosedur pembuatan aplikasi dengan detil, bukan pembuatannya. Contoh:
Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap:
1. pembuatan rancangan input. Rancangan input dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan rancangan inputnya di sini).
2. pembuatan rancangan output. Rancangan output dibuat menggunakan algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan rancangan outputnya di sini).
3. pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
4. pembuatan naskah program. Naskah program dibuat menggunakan bahasa pemrograman......
Uji Coba Aplikasi
Dijelaskan dengan detil bagaimana uji coba aplikasi dilakukan dan apa yang diamati
dalam uji coba tersebut. Contohnya:
Uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama ... kali. Hal yang diperhatikan selama berjalannya program adalah konsistensi output yang dihasilkan..........dst...dst.
Ø  Sistematika Tulisan Ilmiah
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Tulisan Ilmiah, dibuat/ diurai
dalam paragraf.

3. Tinjauan Pustaka
Menguraikan teori-teori yang menunjang tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dan lainlain), yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya. Dapat pula ditambahkan Tool/ Program penunjang yang digunakan untuk membantu penelitian, sebatas sejarah perkembangan, kelebihannya, keuntungan dan keterbatasan tool. Tidak perlu memasukkan manualnya. Dianjurkan untuk memasukkan minimal satu artikel (dari jurnal/ prosiding) yang mendukung. Penunjukkan referensi perlu dimasukkan jika pada bab ini dikutip.

4. Gambaran Umum Perusahaan (untuk yang melakukan penelitian/ kerja praktek di
perusahaan)
Menguraikan secara singkat profil perusahaan tempat dilakukannya kerja praktek/ penelitian. Dibuat bab sendiri (tidak termasuk dalam landasan teori).

5. Analisa dan Hasil ATAU Perancangan dan Implementasi
Bagian ini dapat dipecah menjadi beberapa bab (misalnya Bab 3 dan Bab 4) tergantung
kebutuhan :
Ø  Hasil Penelitian (Analisis Perusahaan)
Menguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian.
Ø  Perancangan dan Implementasi
Menguraikan tentang perancangan dari aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan rancangan layout input, output atau hasil dan menguraikan bagaimana cara membuat aplikasi tersebut, berikut tampilan hasilnya. Setiap hasil berupa gambar ataupun tabel, diceritakan atau dideskripsikan. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak disebutkan untuk penggunaan akhir dari aplikasinya. Jika membuat situs, ada bagian tersendiri untuk menceritakan cara menggunggah situs. Jika melakukan uji coba program ditambahkan bagian tersendiri hasil kuesioner preferensi user

6. Penutup
Ø  Simpulan
Berisi jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari penelitian.
Ø  Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian.
Saran lebih ditujukan bagi pengembangan dari aplikasi atau situs.

7. Daftar Pustaka (menggunakan sistem Harvard, author-date style)
Ø  Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dan lain-lain), yang digunakan dalam
Tulisan.
Ø  Berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk
setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.
Ø  Nama pengarang asing ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan (dibalik).
Nama pengarang Indonesia (ras ASIA) ditulis normal (tidak dibalik).
Ø  Gelar tidak perlu dituliskan.
Ø  Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri). Jarak antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak 2X enter.
Ø  Semua nama pengarang ditulis lengkap.
Ø  Tahun terbit disarankan minimal tahun 2005 (maksimal 10 tahun di belakang), kecuali pustaka yang ‘langka’.
Ø  Sumber pustaka lainnya dari jurnal/ prosiding atau internet non formal.
Sistem Harvard menggunakan nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis menggunakan huruf italic. Terdapat banyak varian dari sistem Harvard yang digunakan dalam berbagai jurnal di dunia.

8. Bagian Akhir
Ø  Daftar Simbol
Berisi deretan simbol-simbol yang digunakan di dalam tulisan, lengkap dengan
keterangannya.
Ø  Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan-perhitungan, grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagianbagian terkait sebelumnya.

Ø  TEKNIK PENULISAN
1. Penomoran Bab serta subbab
Ø  Bab dinomori dengan menggunakan angka latin.
Ø  Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/
subbab dimana bagian ini terdapat.
Contoh :
2. JUDUL BAB
2.1. Judul Subbab
2.2. Judul Subbab
2.2.1. Judul Sub-Subbab
- Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran font 14, tebal.
- Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran
font 12, tebal.
- Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf
pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti
preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”);
kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).

2. Penomoran Halaman
Ø  Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…).
Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
Ø  Bagian Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
Ø  Bagian akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.

3. Judul dan Nomor Gambar/ Grafik dan Tabel
Ø  Judul gambar/ grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
Ø  Judul tabel diketik di sebelah atas tengah dari tabel.
Ø  Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan,
contoh : Gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab 3.
Ø  Penunjukkan gambar dan tabel dengan menyebutkan nomornya, misal “ ..... yang ditunjukkan pada Gambar 3.1.“, TIDAK BOLEH “..... yang ditunjukkan pada gambar di atas/ bawah“.

4. Format Pengetikan
Ø  Menggunakan kertas ukuran A4.
Ø  Margin Atas : 3 cm, Bawah : 3 cm
Ø  Margin Kiri : 4 cm, Margin Kanan : 3 cm
Ø  Jarak spasi : 1,5 (khusus ABSTRAK dan ABSTRACT hanya 1 spasi)
Ø  Jenis huruf (Font) : Times New Roman.
Ø  Ukuran / variasi huruf : Judul Bab 14 / Tebal, Huruf Kapital, Isi 12 / Normal, Subbab 12 / Tebal

5. Format Lain
Ø  Tidak boleh ada singkatan, misal dll, sbb, a.l; harus diuraikan; dan lain-lain, sebagai
berikut, antara lain.
Ø  Untuk singkatan lain, perlu disebutkan satu kali kepanjangannya baru singkatannya,
untuk selanjutnya boleh digunakan singkatannya saja, misal Video Display Unit (VDU).
Ø  Sedapat mungkin, kata asing di-Indonesia-kan. Jika belum ada kata serapannya, kata
asing tersebut dibuat dalam font italic.
Ø  Tidak boleh ada kata ganti orang dalam tulisan, misal Anda, Kita, Kamu.
Ø  Buat/ ubah kalimat menjadi kalimat informasi atau kalimat berita/ ilmiah.

6. Hasil Tulisan/ Kerja Praktek :
Ø  Diseminarkan dengan membawa bahan/ materi presentasi yang dibuat dalam format file
presentasi, baik dalam bentuk softcopy (disimpan dalam flashdisk/ CD) maupun dalam
bentuk hardcopy (dicetak pada lembar plastik transparansi)
Ø  Dijilid berbentuk buku (3 eksemplar untuk penguji, boleh asli atau fotokopi) dengan
jumlah halaman bagian pokok paling sedikit 50 (limapuluh) halaman tidak termasuk
cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan lampiran
Ø  Diketik dengan menggunakan aplikasi pengolah kata legal atau open source antara lain : Office, Open Office, LaTeX, dsb dengan mengikuti aturan ini

Ø  Dicetak dengan printer (dianjurkan dengan LASER PRINTER)

Ø  Wirawan, Setia. Petunjuk Penulisan Ilmiah Jurusan Sistem Informasi”. Dalam http://setia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.25