Ø STRUKTUR TULISAN
ILMIAH
Susunan
struktur Tulisan Ilmiah adalah sebagai berikut :
1.
Bagian Awal
2.
Pendahuluan
3.
Tinjauan Pustaka/ Landasan Teori.
4.
Gambaran Umum Perusahaan 2 s/d 7
5.
Analisa dan Hasil/ Perancangan dan Implementasi Bagian Pokok
6.
Penutup (yang terdiri dari Simpulan dan Saran)
7.
Daftar Pustaka
8.
Bagian akhir
1.
Bagian Awal
Bagian
Awal, terdiri atas :
Ø Halaman Judul
Ditulis
sesuai dengan cover depan Tulisan Ilmiah standar Universitas Gunadarma.
Ø Lembar Pengesahan
Dituliskan
Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tanda tangan
Pembimbing,
Kasubag. PI, serta Ketua Jurusan, sesuai dengan jurusan masing-masing.
Ø Abstrak dan Abstract
Berisi
ringkasan dari tulisan. Maksimal 1 halaman saja, dalam bahasa Indonesia dan
bahasa
Inggris.
Ø Kata Pengantar
Berisi
ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan
penelitian
tulisan ilmiah yakni : Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Kasubag PI,
Pembimbing,
Perusahaan, Keluarga, Rekan-rekan, dan lain-lain.
Ø Daftar Isi (dibuat
dalam 2 turunan penomoran, lihat di bagian belakang petunjuk ini).
Ø Daftar Tabel
Ø Daftar Gambar Bila ada
Ø Daftar Lampiran
2.
Pendahuluan
Pendahuluan
menguraikan pokok persoalan, terdiri dari :
Ø Latar Belakang
Menguraikan
mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang
bersangkutan.
Ø Batasan Masalah/ Ruang
Lingkup
Memberikan
batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji.
Ø Tujuan
Menggambarkan
hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban
terhadap
masalah yang diteliti.
Ø Metode Penelitian
Bagian
metode penelitian menjelaskan secara rinci setiap kegiatan yang dilakukan untuk
menjawab tujuan yang sudah diuraikan pada bab 1. Bagian ini juga menjelaskan
peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam penelitian (jika ada). Inti dari
bagian ini adalah pembaca dapat melakukan ulang persis seperti peneliti lakukan
berdasarkan uraian yang diberikan peneliti dalam bagian ini. Semua
langkah-langkah yang dilakukan tidak boleh ada yang ditutupi, dan dijelaskan
secara kronologis dan sistematis. Untuk penelitian ilmu komputer, bagian ini
dapat diisi dengan uraian peralatan yang dibutuhkan, algoritma/ metode yang
digunakan, prosedur implementasi (mengacu pada SDLC).
Contoh bagian Metode Penelitian yang dapat digunakan
sebagai rujukan (tidakmutlak harus seperti ini, tergantung dari kebutuhan
masing-masing):
Perangkat
yang Dibutuhkan
Contoh:
Penelitian
ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang
dibutuhkan adalah satu (1) unit komputer pribadi lengkap dengan spesifikasi
minimum........Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah......
Prosedur
Pembuatan Aplikasi
Pada
bagian ini dijelaskan prosedur pembuatan aplikasi dengan detil, bukan
pembuatannya. Contoh:
Pembuatan
aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap:
1.
pembuatan rancangan input. Rancangan input dibuat menggunakan
algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan
rancangan inputnya di sini).
2.
pembuatan rancangan output. Rancangan output dibuat menggunakan
algoritma....(kalau ada khusus dari teori yang digunakan, jangan dijelaskan
rancangan outputnya di sini).
3.
pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram
alur.
4.
pembuatan naskah program. Naskah program dibuat menggunakan bahasa
pemrograman......
Uji
Coba Aplikasi
Dijelaskan
dengan detil bagaimana uji coba aplikasi dilakukan dan apa yang diamati
dalam
uji coba tersebut. Contohnya:
Uji
coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah
valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama ... kali. Hal yang
diperhatikan selama berjalannya program adalah konsistensi output yang
dihasilkan..........dst...dst.
Ø Sistematika Tulisan
Ilmiah
Memberikan
gambaran umum dari bab ke bab isi dari Tulisan Ilmiah, dibuat/ diurai
dalam
paragraf.
3.
Tinjauan Pustaka
Menguraikan teori-teori yang menunjang
tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dan lainlain), yang bisa diperkuat
dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya. Dapat pula ditambahkan Tool/
Program penunjang yang digunakan untuk membantu penelitian, sebatas sejarah
perkembangan, kelebihannya, keuntungan dan keterbatasan tool. Tidak
perlu memasukkan manualnya. Dianjurkan untuk memasukkan minimal satu artikel
(dari jurnal/ prosiding) yang mendukung. Penunjukkan referensi perlu dimasukkan
jika pada bab ini dikutip.
4.
Gambaran Umum Perusahaan (untuk yang melakukan penelitian/ kerja praktek di
perusahaan)
Menguraikan
secara singkat profil perusahaan tempat dilakukannya kerja praktek/ penelitian.
Dibuat bab sendiri (tidak termasuk dalam landasan teori).
5.
Analisa dan Hasil ATAU Perancangan dan Implementasi
Bagian
ini dapat dipecah menjadi beberapa bab (misalnya Bab 3 dan Bab 4) tergantung
kebutuhan
:
Ø Hasil Penelitian
(Analisis Perusahaan)
Menguraikan
hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian.
Ø Perancangan dan
Implementasi
Menguraikan
tentang perancangan dari aplikasi yang akan dibuat, dapat berupa tampilan
rancangan layout input, output atau hasil dan menguraikan bagaimana cara
membuat aplikasi tersebut, berikut tampilan hasilnya. Setiap hasil berupa
gambar ataupun tabel, diceritakan atau dideskripsikan. Spesifikasi perangkat
keras dan perangkat lunak disebutkan untuk penggunaan akhir dari aplikasinya.
Jika membuat situs, ada bagian tersendiri untuk menceritakan cara menggunggah
situs. Jika melakukan uji coba program ditambahkan bagian tersendiri hasil
kuesioner preferensi user
6.
Penutup
Ø Simpulan
Berisi
jawaban dari tujuan yang diajukan penulis pada Bab 1, yang diperoleh dari
penelitian.
Ø Saran
Ditujukan
kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian.
Saran
lebih ditujukan bagi pengembangan dari aplikasi atau situs.
7.
Daftar Pustaka (menggunakan sistem Harvard, author-date style)
Ø Berisi daftar
referensi (buku, jurnal, majalah, dan lain-lain), yang digunakan dalam
Tulisan.
Ø Berisi informasi tentang
sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk
setiap
pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu
juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah
dirujuk dalam tubuh tulisan.
Ø Nama pengarang asing
ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan (dibalik).
Nama
pengarang Indonesia (ras ASIA) ditulis normal (tidak dibalik).
Ø Gelar tidak perlu
dituliskan.
Ø Setiap pustaka diketik
dengan jarak satu spasi (rata kiri). Jarak antara satu pustaka dengan pustaka
lainnya diberi jarak 2X enter.
Ø Semua nama pengarang
ditulis lengkap.
Ø Tahun terbit
disarankan minimal tahun 2005 (maksimal 10 tahun di belakang), kecuali pustaka
yang ‘langka’.
Ø Sumber pustaka lainnya
dari jurnal/ prosiding atau internet non formal.
Sistem Harvard menggunakan
nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama
penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang
sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di
belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi
dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis menggunakan huruf italic.
Terdapat banyak varian dari sistem Harvard yang digunakan
dalam berbagai jurnal di dunia.
8.
Bagian Akhir
Ø Daftar Simbol
Berisi
deretan simbol-simbol yang digunakan di dalam tulisan, lengkap dengan
keterangannya.
Ø Lampiran
Penjelasan
tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan-perhitungan,
grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di
bagianbagian terkait sebelumnya.
Ø TEKNIK PENULISAN
1.
Penomoran Bab serta subbab
Ø Bab dinomori dengan
menggunakan angka latin.
Ø Subbab dinomori dengan
menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/
subbab
dimana bagian ini terdapat.
Contoh
:
2. JUDUL BAB
2.1.
Judul Subbab
2.2.
Judul Subbab
2.2.1.
Judul Sub-Subbab
-
Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran font 14,
tebal.
-
Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar,
ukuran
font
12, tebal.
-
Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal),
dimulai dari sebelah kiri, huruf
pertama
setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas,
seperti
preposisi
(“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”);
kata
sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
2.
Penomoran Halaman
Ø Bagian Awal, nomor
halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…).
Posisi
di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar
pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
Ø Bagian Pokok, nomor
halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab pertama adalah
halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab di bagian
bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
Ø Bagian akhir, nomor
halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan
kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
3.
Judul dan Nomor Gambar/ Grafik dan Tabel
Ø Judul gambar/ grafik
diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
Ø Judul tabel diketik di
sebelah atas tengah dari tabel.
Ø Penomoran tergantung
pada bab yang bersangkutan,
contoh
: Gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab 3.
Ø Penunjukkan gambar dan
tabel dengan menyebutkan nomornya, misal “ ..... yang ditunjukkan pada Gambar
3.1.“, TIDAK BOLEH “..... yang ditunjukkan pada gambar di atas/ bawah“.
4.
Format Pengetikan
Ø Menggunakan kertas
ukuran A4.
Ø Margin Atas : 3 cm,
Bawah : 3 cm
Ø Margin Kiri : 4 cm,
Margin Kanan : 3 cm
Ø Jarak spasi : 1,5
(khusus ABSTRAK dan ABSTRACT hanya 1 spasi)
Ø Jenis huruf (Font)
: Times New Roman.
Ø Ukuran / variasi huruf :
Judul Bab 14 / Tebal, Huruf Kapital, Isi 12 / Normal, Subbab
12 / Tebal
5.
Format Lain
Ø Tidak boleh ada
singkatan, misal dll, sbb, a.l; harus diuraikan; dan lain-lain, sebagai
berikut,
antara lain.
Ø Untuk singkatan lain,
perlu disebutkan satu kali kepanjangannya baru singkatannya,
untuk
selanjutnya boleh digunakan singkatannya saja, misal Video Display Unit (VDU).
Ø Sedapat mungkin, kata
asing di-Indonesia-kan. Jika belum ada kata serapannya, kata
asing
tersebut dibuat dalam font italic.
Ø Tidak boleh ada kata
ganti orang dalam tulisan, misal Anda, Kita, Kamu.
Ø Buat/ ubah kalimat
menjadi kalimat informasi atau kalimat berita/ ilmiah.
6.
Hasil Tulisan/ Kerja Praktek :
Ø Diseminarkan dengan
membawa bahan/ materi presentasi yang dibuat dalam format file
presentasi,
baik dalam bentuk softcopy (disimpan dalam flashdisk/
CD) maupun dalam
bentuk hardcopy (dicetak
pada lembar plastik transparansi)
Ø Dijilid berbentuk buku
(3 eksemplar untuk penguji, boleh asli atau fotokopi) dengan
jumlah
halaman bagian pokok paling sedikit 50 (limapuluh) halaman tidak termasuk
cover,
halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan lampiran
Ø Diketik dengan
menggunakan aplikasi pengolah kata legal atau open
source antara lain : Office, Open Office, LaTeX, dsb dengan mengikuti
aturan ini
Ø Dicetak dengan printer
(dianjurkan dengan LASER PRINTER)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar