1.
Pengertian
Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok
orang yang berkumpul dalam suatu wadah, yang berkumpul untuk mencapai tujuan
bersama.
Menurut para ahli :
a. Organisasi
adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga
merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa
Indonesia)
b.
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
c.
James
D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human,
association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap
bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
Jadi
kesimpulan dari beberapa pengertian diatas, pengertian organisasi adalah
beberapa orang berkumpul dalam suatu wadah dan mempunyai tujuan yang sama.
2.
Manajemen
dan Organisasi
Seperti telah dijelaskan di nomor 1
bahwa organisasai adalah suatu kumpulan orang yang berkumpul untuk mencapai
tujuan bersama. Sedangkan pengertian manajemen adalah suatu kegiatan yang memiliki target dan tujuan
dengan menggunakan perencanaan, pengarahan serta pengorganisasian dalam
mencapai tujuan tersebut, Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno
ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur.
Hubungan antara Organisasi dan Manajemen adalah
sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan
perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara
benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
3.
Manajemen
dan Tata Kerja
Pengertian
tata kerja adalah, tata kerja merupakan cara pekerjaan dengan benar dan
berhasil guna atau bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Hubungan
antara manajemen dan tata kerja adalah perlunya peran manajemen menjelaskan
ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai
faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya
tujuan dalam tata kerja.
4.
Manajemen,
Organisasi dan Tata Kerja
Dari beberapa penjelasan tetntang manajemen, organisasi, dan tata kerja diatas.
Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antar ketiganya adalah Manajemen
merupakan proses pengorganisasian dalam suatu tata kerja untuk mencapai tujuan
bersama.
5.
Ciri-ciri Organisasi
Ciri-ciri
organisasi adalah mempunyai tujuan yang sama dan sasaran akhir yang sama,
mempunyai keterikatan format atau tata tertib yang harus ditaati, terjadinya kerja
sama dalam suatu organisasi, dan yang terakhir adalah adanya koordinasi antar
pelaku organisasi untuk mengerjakan tugas dan wewnangnya.
6.
Unsur –
unsur Organisasi
Unsur
organisasi adalah, yang pertama Man (orang-orang) merupakan orang yang menjalankan
atau melakukan organisasi. Yang kedua adalah kerja sama, sangat dibutuhkan kerja sama dalam suatu organisasi.
Yang ketiga adalah Tujuan akhir bersama orang-orang sebagai pelaku organisasi
bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ada 2 tambahan unsur organisasi
yaitu peralatan dan lingkungan.
7.
Teori Organisasi
Ada 3 teori yang dikenal dalam organisasi,
sebagai berikut :
Teori klasik kadang disebut teori
tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun seribu
elapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara umum digambarkan oleh para
teoritis klasik sebagai sangat sentralisasi dan tugas-tugasnya
terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural yang kaku tidak
mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran yang dibangun
atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu teori
birokrasi, teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.
Teori organisasi Neoklasik. Teori
neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar
teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek
psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok
kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama. Percobaan-percobaan di
Howthrone yang dilakukan dari tahun 1924 sanmpai 1932 menandai permulaan
perkembangan teori hubungan manusiawi.Percobaan ini merupakan kristalisasi
teori neokalsik.Penemuan Howthrone telah menambah dimensi baru bagi teori
organisasi.Dan pada akhirnya percobaan-percobaan Howthrone menunjukkan
bagaimana kegiatan kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada
operasi organisasi.
Teori organisasi modern disebut juga
analisa system pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori
organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi
merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan
bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan
lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.
8. Organisasi Niaga (PT, CV, Joint Ventura, Fa, Koperasi, Trust, Kartel,Holding Company)
Organisasi Niaga adalah
suatu organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mencari keuntungan. Berikut
adalah macam-macam organisasi niaga :
PT
(Perseroan Terbatas)
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang
memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung
jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau
perseorangan yang ada di dalamnya.
CV
(Curriculum Vitae)
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang
didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama
dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
Joint Ventura
Joint Venture adalah
kerjasama diantara dua orang atau badan usaha atau lebih untuk mengusahakan
tertentu
Firma (FA)
Firma adalah suatu persekutuan untuk menjalankan
usaha antara dua orang atau lebih dengan nama bersama, dalam mana tanggung
jawab masing-masing anggota firma (disebut firmant) tidak terbatas; sedangkan
laba yang akan diperoleh dari usaha tersebut akan dibagi bersama-sama. Demikian
pula halnya jika menderita rugi, semuanya ikut menanggung (Basu Swastha,
1988:55)
Koperasi
Koperasi adalah merupakan singkatan dari kata ko /
co dan operasi / operation. Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk
bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12
tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak
sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan
tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
Trust
Suatu bentuk penggabungan atau kerjasama perusahaan
secara horizontal untuk membatasi persaingan maupun rasionalisasi dalam bidang
produksi dan penjualan.
Kartel
bentuk kerjasama perusahaan dengan produksi barang
dan jasa sejenis yang didasarkan perjanjian bersama untuk mengurangi
persaingan. Kartel di bagi dalam beberapa bentuk : Kartel Kondisi (syarat),
Kartel Harga, Kartel Produksi, Kartel Daerah dan Kartel Pembagian Laba.
Holding Company
Perusahaan yang berbentuk
corp, yang menguasai sebagian besar saham dari beberapa perusahaan.
9.
Organisasi Sosial
Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang
dibentuk oleh masyarakat, baik yang
berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang
berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan
negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup
bersama-sama, manusia membentuk
organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka
capai sendiri.
10. Organisasi regional dan internasional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas
wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Organisasi
regional mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional, dan keanggotaan hanya
diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja.
Organisasi internasional adalah suatu bentuk
organisasi dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki
tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau
charter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar